Searching...
Senin, 10 Maret 2014

CARA MENGETAHUI KEASLIAN GIOK DAN BATU PERMATA

Bagi para pecinta Giok dan permata tentu saat ini sangat sulit menemukan keaslian dari giok dan permata bukan ? Banyaknya hal yang ditemukan mengenai keaslliannya sendiri kadang kita meragukannya.
Beberapa hal yang menjadi hal kesalahan adalah dengan pengujian dipanasi atau dibakar tidak akan panas ( anti panas ), digores dengan paku tidak akan berbekas ( anti gores ), bila disinari tidak akan tembus cahaya ( cahaya akan mebias keluar ).
Belum dijual giok malah rusak...hehehe...kalo giok imitasi gak masalah..nah kalo gioknya ternyata asli ?gigit jari deh....
Terus bagaimana cara membedakan dan mengetahui keaslian dari giok yang asli dan yang palsu ?
sekaligus aja deh dengan tips mengetahui keaslian permata / batu mulia
Dibawah ini saya coba kumpulkan data dari para ahli / pakarnya...

MENGENAL GIOK
Anda menanyakan tentang cara membedakan jade atau giok yang asli denganyang tidak asli ? Bagi yang belum berpengalaman di bidang batumulia
khususnya giok, hal ini tentunya tak semudah membedakan antara Giok Lie dan
Giok Lan. Dua-duanya cantik dan manis, tetapi yang satu bibirnya lebih
mungil, sementara yang lain hidungnya lebih mancung. Untuk batu giok
beneran, ada yang percaya bahwa kalau dipanasi selama 10 menit akan tetap
dingin, kalau digores dengan paku tak berbekas, dan kalau diletakkan di
suatu ruangan, temperaturnya akan sedingin seperti kalau ada AC nya. Nah,
untuk batu giok yang punya kategori semacam ini, harganya konon nyampe
ratusan juta rupiah setiap kilonya. Bagi mereka yang berpikiran logis, cara
pengujian semacam ini pasti akan langsung jadi bahan tertawaan.
Banyaknya giok tiruan ( melainkan serpentin, marmer, dolomit, fluorit, alabaster, kuarsa, dan bahkan heavy plastic dan resin). Lalu apa yang menjadi perbedaan dari giok yang asli dan tidak asli ?pengujian yang cukup ampuh adalah kekerasan dan berat jenis. Sebagai contoh, untuk giok nefrit ( kelompok aktinolit-amfibol ), berat jenisnya 2,90-3,02 dan kekerasannya 6-6,5 skala Mohs, sementara giok jadeit ( kelompok piroksin ), berat jenisnya 3.30-3.36 dan kekerasannya 6,5-7 skala Mohs. Bandingkan misalnya dengan serpentin yang berat jenisnya 2,4-2,8 dan kekerasannya kurang dari 5,5, atau dengan marmer yang berat jenisnya sekitar 2,7 dan kekerasannya sekitar 3. Dua parameter ini tentunya harus dilengkapi dengan
parameter lain seperti kilap, transparansi, tekstur, goresan, warna, indekrefraksi, sifat kimia, dan lain-lain. Sifat kimia juga merupakan metodecepat untuk menentukan adanya kandungan karbonat. Kalau sudah bereaksidengan asam HCl ( banyak kasusnya ), maka tentu bukan giok kan ?
CARA MUDAH MENGETAHUI JENIS BATU OBSIDIAN DAN BATU GIOKBatu Obsidian , batu ini sebetulnya adalah mineral yang terperangkap didalam jalur muntahan lahar (volcanic glass). warnanya memang macam macam mulai dari hitam hingga hijau dan kuning. Nah.. yang warna hijau ada kalanya di jual sebagai Peridot dan yang Kuning di sebut sebagai Citrine. padahal sama sekali bukan. Peridot dan Citrine adalah gemstone yang mahal, apalagi Peridot bisa dibilang sulit didapat untuk ukuran besar dan jernih. Juga Turqoise .. (batu turkish) ini adalah batu yang tergolong lumayan mahal apalagi kalau warnanya bagus dan berasal dari tambang di Arizona (nama tambangnya adalah Sleeping beauty mine ). Karena mahal... maka ada pihak tertentu yang menjual batu yang terbuat dari bubuk batu turqoise murah dan diberi warna sehingga mirip batu turqoise mahal dan dijual sebagai Turqoise Iran / Turqoise Arizona.
Batu GIOK juga batu yang sering sekali di palsu dengan batu "Serpentine" karena mirip sekali warnanya. (ada juga batu giok beneran yang warna putih lalu di DYED agar mendapatkan warna yang lebih gelap.
Nah.. memang sulit sekali bagi yang tidak pengalaman. Kami sendiri sourcing batu mulia dari seluruh dunia hanya dari sumber yang bisa dipercaya. Kalaupun kita mendapatkan sumber yang baru selalu kami serahkan ke laboratorium untuk pengecekan terlebih dahulu.
Setahu saya di Bandung (ITB) kita bisa melakukan pengecekan tersebut (entah berapa biayanya). Kalau ada yang tahu mengenai LAB serupa di Jakarta harap posting di sini ya..
Barusan saya tanya dengan bagian pembelian gemstone kami begini advicenya :
- Kalau dalam satu string (biasanya 40cm) semuanya sama persis dan tanpa cacat serta harganya relatif murah... hati hati... ada kemungkinan itu adalah Crystal yang di panasin (heat treatment) sehingga warna bisa berubah spt amethyst, citrine dll.
- Kalau batu yang lepasan (cabochon dll) juga hati hati kalau harganya murah. karena batu berikut ini : Ruby Sapphire Emeral adalah batu yang sangat mahal. (apalagi kalau ukuran agak besar dan cacatnya sedikit).
- Juga hati hati dengan warna ... umpamanya Coral merah. ambil saja satu butir dari satu string lalu pecahkan (pakai palu) .. kalau dalamnya putih.. maka coral tersebut adalah jenis bamboo coral (putih) yang di DYED (diberi warna) agar menjadi merah.
- Test Kekerasan : contohnya batu Giok dan Serpentine punya kekerasan yang sangat beda, sehingga paling gampang coba goreskan keatas kaca (kaca kekerasannya adalah 7) sedangkan Giok diatas itu. kalau batu tersebut tidak bisa menggores kaca maka sudah pasti batu tersebut bukan batu Giok.
- Di luar ini tentunya ada pengecekan lain yang harus menggunakan alat (dispersi warna, berat jenis, dll )
CARA MEMBEDAKAN GRADE GIOKserinkali pada semua hobis batu giok yang ingin membeli giok,tidak tahu cara membedakan giok kualitas A,B,Cmaka saya ingin membagi ilmu yang mungkin bisa membantu dalam membeli giok
GIOK A GRADE :

ciri-ciri khusus:
ciri-ciri khusus:
  • bila dalam bentuk gelang coba pukul giok tsb dengan alat pemukul yang terbuat dari kaca atau bisa juga dengan memukulkan batu tsb dengan yang lainnya. seperti membunyikan lonceng,maka bila batu itu mengeluarkan suara berdenting,dan dentingannya tinggi seperti gelas kaca yang dipukul maka giok tsb adalah grade A. cara ini juga yang digunakan untuk membedakan giok asli atau palsu.


  • warna giok grade A adalah ijo tossa seperti dan berwarna dasar putih susu baik tidak transparan ato transparant,seperti gambar ini namun,warna giok ini tidak hanya seperrti gambar ada juga hijau,gelap
Free Image Hosting by FreeImageHosting.net
GIOK GRADE B

  • sama seperti giok grade A tetapi bunyi dentingannya tidak setinggi giok grade A
  • dan untuk warna giok grade B tidak sehijau/pudar/lebih gelap dari pada giok Grade A, seperti gambar
Free Image Hosting by FreeImageHosting.net
GIOK GRADE C

  • sama seperti grade A,B grade C ini juga mengeluarkan bunyi dentingan tetapi biasanya tidak jauh berbeda dengan grade B
  • yang sangat mencolok dari grade C ini adalah warnanya tidak sesegar,dan se adem grade diatasnya coba liat gambar,dan bandingkan..dengan gambar yang diatasnya.
Free Image Hosting
kesimpulan,
GRADE A,B,C TIDAK BISA DIBEDAKAN HANYA DENGAN TIPS" DIATAS MASIH BANYAK FAKTOR PENDUKUNG SEPERTI: KEJERNIHAN,WARNA,STUKTUR PERMUKAAN,
SEHINGGA TIPS YANG SAYA SEBUTKAN DIATAS BERLAKU SECARA GARIS BESAR DAN STANDAR GIOK YANG BIASA DICARI KONSUMEN INDONESIA.
NAMUN PENG GRADE-AN GIOK YANG SESUNGGUHNYA BUKAN DARI WARNA,KARENA BATU GIOK PUN MEMILIKI WARNA YANG SANGAT BERAGAM,MELAINKAN DARI STRUKTUR,KEJERNIHAN,KOMPOSISI WARNA,FRACTURE OF SURFACE,SKIN CHARACTERISTIC,YANG HARUS DILAKUKAN OLEH AHLI GEMOLOGIST.

Tips Menguji Keaslian Batu Permata Anda
Dalam penilaian manusia ada beberapa jenis Batu Permata yg sangat digemari, yaitu Berlian, Jambrut, Mira, Mata Kucing, dan Safir.  Di samping jenis-jenis tersebut masih banyak pula yg digemari orang.
Untuk mereka yg mau membeli dgn harga tinggi disebabkan oleh beberapa hal, misalnya senang kepada warnanya, kemurniannya, modelnya, besarnya, langkanya, sternya (sinar yg bergerak-gerak di batunya), tetapi ada pula orang yg memakainya karena batunya dirasakan membawa rejeki/hoki, menyehatkan tubuhnya, menimbulkan rasa sayg dari orang lain, dan sebagainya.
Dari sekian banyak jenis batu permata yg diperjualbelikan, pasti ada saja yg mencoba mencari keuntungan tinggi dgn menjual batu permata palsu. “Terkadang sedikit sulit menbedakan batu permata asli dgn yg palsu.
Dibawah ini beberapa cara untuk membedakan batu permata asli dan palsu. Mutiara yg beredar di pasaran sangat beragam. Ada yg dijual murah, mahal, imitasi hingga asli. Mutiara asli pada umumnya, memiliki berat, sedangkan yg palsu relatif sangat ringan.
Untuk mendapatkan mutiara asli, cara yg paling mudah adalah menggigit mutiara tersebut sekuat-kuatnya. Jika tdk ada perubahan seperti terkelupas atau pecah maka dapat dipastikan mutiara tersebut asli atau agar lebih yakin lagi belilah mutiara di toko yg bisa dipercaya menjamin keasliannya.
Selain mutiara, sejak lama berbagai batu permata pun digunakan untuk menyemarakkan model anting-anting, seperti kecubung, pirus, akik dan jasper yg diikat dgn emas dan perak.
Testing batu permata dgn meneteskan air di permukaannya bukan metode baku. Tetesan air tersebut tdk akan pecah, baik pada batu permata mirah siam sintetis atau asli.
Faktor yg mempengaruhi di antaranya kekerasan batuan (kaitannya dgn porositas dan permeabilitas ), bentuk permukaan cembung atau rata dan kualitas pemolesan seperti jenis quartz family minerals serta glassy basalt yg dapat menahan tetesan air seperti halnya mirah delima.
Testing berlian bisa dilakukan dgn diamond tester tetapi tdk 100 persen benar. Testing dgn menggesek di alas berwarna belum tentu menjamin.
Warna-warna yg muncul mungkin warna spektrum yg merupakan ciri khas dari gelas atau sintetis. Testing berlian biasanya dgn metode kekerasan tapi tanpa merusak, indeks refraksi (refractometer), fluoresen, berat jenis, kilap, inklusi mineral dan lain-lainnya.
Metode ini sangat ampuh dalam membedakan batu permata asli dan sintetis atau imitasi seperti giok, opal atau kalimaya. Di samping pirus dan batu permata lainnya.
Harga mahal tdk menjamin bahwa batu permata tersebut asli, karena seUntukan batu permata belum ada standar baku untuk harganya kecuali berlian atau intan.
Untuk mengetahui batu permata Asli atau palsu ada berbagai macam cara, ada 4 Langkah Sederhana untuk Membedakan Batu Permata Asli dan Palsu dilakukan.1. Urat-urat alam yang tampak, yaitu ciri-ciri kusus yang tanpak pada batu permata misalnya urat seperti sidik jari pada safir atau Ruby, Penomena yang ada seperti cat eye pada Alexandrite serta star pada safir atau ruby. Gunakan kaca pembesar jika diperlukan.2. Kekerasan batu Permata.Batu permata telah diklasifikasikan berdasarkan kerasnya dalam skla Mohs. Cara pengujiannya dengan hardness point set pensil atau biasa disebut jarum uji permata.3. Berat Jenisnya.Setiap batu permata mempunyai berat jenis, Untuk menguji berat jenis batu gunakan timbangan air. Berat jenis adalah berat batu tersebut dibagi volumenya.4. Indeks Bias atau Pemantulan Sinar.Carilah indeks biasnya untuk menentukan keaslian batu permata, gunakan refraktometer.

Cara Mengetahui Batu Permata yang AsliBatu Permata Asli Bisa Dilihat dari alur SeratnyaImitasi telah merambah hampir semua kebutuhan dalam kehidupan sehari-hari. Silakan sebutkan satu saja kebutuhan manusia yang tak ada imitasinya. Sangat sulit, bukan? Ini menunjukkan betapa bentuk imitasi telah merambah pada hampir seluruh aspek kebutuhan manusia sehari-hari. Akibatnya, jika tanpa pengetahuan yang memadai untuk secara pasti menentukan mana yang asli dan mana yang imitasi, kita sendiri yang akan kenah getahnya.
Apalagi jika yang harus dinilai antara yang asli dan imitasi benar-benar sama, seperti batu permata misalnya. Hanya orang-orang tertentu saja yang mengetahui mana batu permata asli, dan mana yang imitasi. Namun, bukan berarti pengetahuan tentang batu permata ini tidak bisa dipelajari.
 

Ketidak tahuan masyarakat awam bahkan para penggemar batu permata, mengenai mana yang asli dan mana yang palsu, menjadi lahan subur untuk berkeliarannya para penjual yang tidak bertanggung jawab alias penipu berkedok penolong, yang pura-pura memberi advis konsultasi gratis. Ujung-ujungnya menjual batu permata yang katanya asli, tapi palsu.
Seorang pedagang batu permata yang telah lama berkecimpung dalam jual beli batu permata, sering mengeluhkan adanya kasus-kasus penipuan seperti ini. Seorang konsumen datang menawarkan batu permata yang katanya asli, dibeli dari seorang kolektor batu permata. Padahal setelah dicek, ternyata batu permata tersebut "aspal", kelihatan asli, tapi sebenarnya palsu.

Tips Menguji Batu Permata Asli
Bagi Anda yang ingin mengoleksi batu permata dan belum tahu bagaimana cara membedakan batu permata asli dan yang palsu, ada beberapa tips penting di bawah ini. Pun bagi Anda kolektor batu permata yang pengetahuannya sudah mumpuni tentang seluk-beluk batu permata, tips di bawah bisa juga untuk sharing.

  • Cara yang sederhana dan gampang untuk mengetahui batu permata asi adalah dengan menempelkan batu tersebut ke pipi. Kalau terasa dingin, ini bisa jadi salah satu ciri bahwa batu permata tersebut memang asli. Tapi itu bukan satu-satunya ciri.
  • Dari timbangannya. jika Anda telah sering memegang batu permata, juga bisa menjadi indikasi. Jika terasa lebih berat untuk ukuran batu sebesar yang Anda pegang, maka bisa dipastikan kalau batu permata itu memang asli. Tapi kalau untuk ukuran sebesar batu yang Anda pegang itu terlalu riangan, Anda harus mulai hati-hati, jangan-jangan memang palsu.
  • Khusus untuk batu permata Merah Delima, keasliannya bisa diketahui dengan gampang, yaitu dengan mencelupkannya ke dalam gelas bening berisi air. Jika ketika dicelupkan air di dalam gelas tersebut berubah menjadi warna merah, bisa dipastikan itulah batu Merah Delima asli. Tapi seiring perkembangan jaman, hal ini bisa saja dimanfaatkan para penipu dengan menambahkan zat pewarna pada batu tersebut. Untuk mengetesnya, coba celupkan berulang-ulang, lalu gosok dengan kain dan celupkan lagi. Hal ini perlu dilakukan untuk menghilangkan efek zat pewarna buatan.
  • Batu permata, apa pun namanya tetap mengandung serat di dalamnya. Berbeda dengan kaca yang menjadi bahan imitasi batu permata, bening tanpa serat. Jadi, apabila Anda melihat batu permata asli itu berserat, bukan berarti batu tersebut pernah jauh dan pecah. Itulah serat alami yang dikandung batu permata asli. Kalau tidak ada serat, bisa dipastikan batu permata itu memang palsu.
  • Untuk mengetahui batu berlian, lebih baik memang langsung dites saja menggunakan alat pengecek keaslian berlian. Biasanya beberapa pedagang batu permata, punya alat ini.


1 komentar:

  1. saya yakin blog agan pasti rame, karena indonesia memang sedang rame dan tren batu, tak ketinggalan batu giok. namun banyak orang yang belum tahu khasiat batu giok dan bagaimana cara mendapatkan khasiat batu giok yang sesungguhnya.
    karena minuman berenergi itulah banyak orang yang menggunakan aksesoris giok seperti gelang giok dan lain sebagainya, namun tidak merasakan apapun, inilah rahasi yang tidak semua orang tahu dan bisa mendapatkannya.
    jika anda juga ingin tahu cara mendapatkan khasiatnya dengan benar
    silakan klik DISINI>> BATU GIOK

    BalasHapus

 
Back to top!